Beranda Komputer/Web/Multimedia Berbagai Komponen Komputer Yang Perlu Kamu Ketahui

Berbagai Komponen Komputer Yang Perlu Kamu Ketahui

780
0
BERBAGI

Komponen komputer – Buat kamu yang masih baru mau masuk atau mengetahui dunia digital komputer, artikel ini tepat sekali anda pelajari terlebih dahulu, memang sih terlihat sepele, tapi artikel ini akan sangat membantu kalian yang masih gaptek soal teknologi, terlebih didaerah saya masih kurang paham soal teknologi apalagi dunia komputer.

Komputer sendiri terdiri dari beberapa komponen utama dan pendukung dimana biasanya terdiri dari perangkat input, output perangkat sistem, penyimpanan hingga perangkat untuk komunikasi atau saling terhubung. oke jangan di tutup dulu artikel ini, langsung disimak ulasan mengenai komponen komputer berikut:

Komponen Komputer

1. Perangkat Input

Dimulai dari perangkat input, perangkat ini merupakan sebuah hardware yang memungkinkan para penggunanya untuk memasukkan perintah atau inputan dan instruksi pada sistem komputer, gampangnya, kamu memerintahkan komputer agar mengeluarkan output sesuai yang diinginkan kamu. Contohnya gini, kamu tekan tombol di keyboard (input), lalu komputer menampilkannya di monitor (output). Ada berbagai macam perangkat output diantaranya:

  • Keyboard: Dipakai untuk memberikan instruksi berupa penekanan huruf, angkat dan perintah lainnya.
  • Mouse: Dipakai untuk memberikan instruksi berupa pergeseran pointer pada layar monitor, dengan mouse kamu dapat dengan mudah melakukan instruksi pada sistem komputer. seperti memilih sebuah file, menyeleksi dan berbagai perintah lainnya.
  • Mikrofon: Perangkat untuk menginputkan berupa suara atau gelombang suara.
  • Scanner: Perangkat yang mengubah bahan cetak menjadi bahan digital.
  • Webcam: Perangkat yang digunakan untuk membuat gambar. seperti kamera pada umumnya.

2. Perangkat Output

Perangkat outpur berbanding terbalik dengan perangkat input, kalau perangkat output tugasnya mengeluarkan perintah yang dimasukkan melalui perangkat output. contohnya begini ketika kamu mengetik lewat keyboard, maka monitor yang menampilkan. jadi monitor disini sebagai perangkat output. ada berbagai macam perangkat output diantaranya seperti printer, monitor, speaker dan lain sebagainya.

3. Sistem

Sistem disini yaitu merupakan komponen elektronik dari sebuah komputer yang digunakan untuk mengolah data, semua informasi yang diperintahkan oleh pengguna akan diolah disini, jadi memilik peran penting dalam sebuah komputer. Seperti halnya prosesor, prosesor merupakan otak dari sistem komputer yang diletakkan disebuah sirkuit yang sering disebut motherboard.

4. Perangkat Penyimpanan

Merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk menyimpan sebuah data sistem atau file pengguna dalam sebuah perangkat kecil, kalau dulu biasanya menggunakan floppy disk, bisa flashdisk, CDR, CDRW, DVD drive, atau hardisk yang memiliki fitur dan keunggulan dibandingkan dengan perangkat lainnya, selain karena kapasitasnya yang lebih besar bisa mencapai 6TB (6000 GB) atau lebih.

Seiring perkembangan zaman, hardiskpun tergantikan oleh SSD, diana merupakan penyimpanan juga tapi memiliki rentang harga yang jauh lebih mahal, 128 GB saja mencapai 700 ribuan lebih. tapi pada zaman sekarang SSD masih digunakan untuk menyimpan aplikasi sistem, karena kecepatannya yang melebihi dari kecepatan hardisk. selain keunggulan itu, ternyata lebih tahan terhadap benturan, karena tidak berbentuk piringan.

5. Perangkat Komunikasi

Perangkat ini merupakan perangkat penghubung antara komputer dengan perangkat lainnya seperti handphone dan lainnya, biasanya digunakan untuk mengirim atau menerika data. seperti bluetooth, modem, NFC dan lain sebagainya. tapi kalau komputer yang pentium 4 biasanya perangkat ini tidak include didalamnya.

Sekian informasi dari saya mengenai komponen perangkat komputer, semog abermanfaat. jangan lupa untuk terus berkunjung dan share pada temanmu semua.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here