Beranda Tidak Ada Ketegori Beasiswa Dalam Negeri Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Beasiswa Dalam Negeri Untuk Mahasiswa dan Pelajar

87
1
BERBAGI

Beasiswa Dalam Negeri”

Hallo para pembaca setia Abisnis.com

Kali ini kita akan membahas seputar Beasiswa Dalam Negeri untuk para mahasiswa dan juga para pelajar di Indonesia.


BEASISWA DALAM NEGERI


beasiswa DN
Beasiswa dalam negeri adalah bantuan biaya untuk belajar dan riset di negara Indonesia.

Pengertian Beasiswa Dalam Negeri

Beasiswa adalah salah satu bantuan pendanaan yang diberikan oleh instansi, institusi, lembaga dan donatur atau perorangan. Beasiswa dalam negeri ini diberikan kepada pelajar ataupun mahasiswa yang nantinya digunakan didalam negeri atau di Negara Indonesia. Beasiswa ini diberikan untuk mereka yang sedang atau akan menempuh pendidikan atau juga melakukan riset.

Pada umumnya, pemberian beasiswa dalam negeri ini bertujuan supaya melatih kepemimpinan dan mendorong prestasi dikalangan mahasiswa dan pelajar di seluruh Indonesia. Disamping itu, tujuan dari diberikannya beasiswa dalam negeri ini adalah supaya penerimanya akan dapat mengembangkan diri mereka menjadi lebih baik. Lebih lanjut supaya terciptanya resolusi, terobosan dan inovasi dalam menemukan sesuatu yang baru serta juga supaya dapat mengembangkan ilmu pengetahuan pada masa modern ini.

Banyaknya pelajar dan mahasiswa yang tersebar di seluruh penjuru nusantara menjadikan banyaknya lembaga-lembaga yang turut serta peduli dalam perkembangan jaman. Hal tersebut dibuktikan dengan memberikan pembiayaan atau bantuan beasiswa dalam negeri untuk dapat mensuport pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa dan juga para pelajar di seluruh penjuru nusantara. Dengan penjelasan tersebut, berikut penulis paparkan beberapa beasiswa dalam negeri yang tersebar di seluruh nusantara, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

Baca Juga : Peran Organisasi PBB (United Nations).

Peran Organisasi PBB (United Nations)

(1) Beasiswa Djarum.

Djarum beasiswa plus adalah salah satu beasiswa dalam negeri yang dikelola oleh Djarum Fundation. Beasiswa ini cukup populer dikalangan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan D4 dan S1. Kepopulerannya tersebut dikarenakan setiap penerima beasiswa akan mendapatkan biaya sebesar Rp 750.000,- per bulan yang nantinya akan dicarirkan dalam kurun waktu selama 1 tahun lamanya.

Di Indonesia terdapat lebih dari 80 perguruan tinggi yang telah menjadi mitra dari Djarum Fundation untuk menerima program beasiswa Djarum Plus. Perguruan tinggi dan para mahasiswa tersebut sangat setuju dengan program beasiswa djarum plus ini karena akan dapat meringankan beban para mahasiswa sebagai penerimanya. Disamping itu para penerima beasiswa ini nantinya akan diharuskan mengikuti kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan oleh Djarum Fundation. Program-program tersebut dapat meliputi :

  1. National Building.
  2. International Exposure.
  3. Character Building.
  4. Community Empowerment.
  5. Leadership Development. dan,
  6. Competition Chalenges.

Dalam menjalankan seleksi beasiswa dalam negeri ini (beasiswa djarum). Maka penulis akan paparkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelamar beasiswa djarum, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan pada taraf D4/S1 dalam semua jurusan.
  2. Memiliki nilai IPK sekurang-kurangnya sebanyak 3.00 yang pada semester 3.
  3. Aktif dalam berorganisasi kampus atau diluar kampus.
  4. Semester 4.
  5. Tidak sedang atau akan mendapatkan beasiswa dari lembaga atau pemberi beasiswa lain pada masa periode pembukaan beasiswa Djarum selama kurun waktu 1 tahun kedepan.
  6. Sedang melakukan program pembelajaran pada universitas sebagai mitra dari Djarum Fundation.
  7. Tidak pernah terlibat dalam masalah hukum.
  8. Memiliki prestasi, jiwa kepemimpinan yang kuat, organisatoris, sosialisme, dan juga ilmu pengetahuan yang cukup bagus.
  9. dan lain sebagainya.

(2) Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie.

Orbit Hasri Ainun Habibie adalah bentuk nyata komitmen Ibu Hasri Ainun Habibie dalam perkembangan ilmu pengetahuan dalam menyongsong masa depan generasi bangsa yang lebih baik. Beasiswa ini dinaungi oleh Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT HAH. Beasiswa ini adalah salah satu beasiswa dalam negeri yang diperuntukan oleh para pelajar Indonesia. Disamping itu, beasiswa ini juga diperuntukan untuk pelajar SMA/SMK yang benar-benar dari keluarga kurang mampu dalam hal ekonomi. Beasiswa ini akan memberikan pembiayaan sebesar Rp 400.000,- setiap bulan dan dalam jangka waktu selama 1 tahun lamanya.

Penulis menyamaikan beberapa perbedaan yang terdapat dalam beasiswa ORBIT dengan beasiswa yang lainnya. Perbedaan tersebut terletak pada program yang harus dijalani oleh para penerima atau biasa disebut “Anak bimbing” Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT HAH. Program tersebut dapat berupa pelatihan dan pembekalan yang akan diberikan oleh para penerimanya. Hal tersebut dikarenakan beasiswa ini memberikan nilai lebih atau kegiatan lebih pada penerimanya. Lebih lanjut hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan keahlian pada setiap penerimanya.

Dalam menjalankan seleksi beasiswa dalam negeri ini (beasiswa Orbit Hari Ainun Habibie). Maka penulis akan paparkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelamar beasiswa ini, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Berasal dari keluarga pada kalangan kurang sejahtera.
  2. Sedang menempuh pendidikan pada tingkat SMA/SMK/Sederajat atau juga dapat diikuti oleh pelajar kelas 3 SMP yang akan masuh kependidikan SMA.
  3. Minimal nilai Raport dalam rata-rata 8.0
  4. Mengisi formulir pendaftaran secara online.
  5. Melampirkan slip atau bukti penghasilan atau gaji orang tua pelamar beasiswa ini, lalu ditandatangani oleh ketua RT setempat.
  6. Memiliki kartu pelajar, kartu keluarga sejahtera dan kartu perlindungan sosial.
  7. Surat keterangan kepala sekolah.
  8. Melampirkan nilai Raport.
  9. Foto 3X4 terbaru.
  10. Membuat tulisan 2 halaman yang ditulis tangaan (Tulisan fiksi) dan bertema bebas.
  11. Memahami, mengisi dan menandatangani perjanjian beasiswa (Hanya untuk yang telah dinyatakan lolos beasiswa tersebut).

(3) Beasiswa BidikMisi

BidikMisi adalah salah satu beasiswa dari Kemenristekdikti melalui lembaga pengelolaan dana pendidikan Indonesia. Beasiswa ini diperuntukan oleh mahasiswa dari kalangan keluarga kurang mampu yang  mempunyai kecerdasan atau akademik yang cukup baik. Beasiswa dalam negeri ini adalah TOP 1 beasiswa yang ada di Indonesia. Pasalnya, beasiswa ini memberikan bantuan biaya pendidikan dan juga kehidupan.

Dalam hal pendidikan, beasiswa ini mengratiskan semua biaya pembiayaan dalam melakukan penempuhan pendidikan di perguruan tinggi. Disamping itu, beasiswa ini juga memberikan biaya kehidupan ssebesar Rp. 650.000,- selama satu bulan. Tidak hanya itu, beasiswa BidikMisi ini juga memberikan uang transportasi dan juga uang buku supaya dapat mensuport kebutuhan para mahasiswa penerimanya. Beasiswa ini cukup dan sangat populer karena selain digratiskan biaya perkuliahan dan mendapatkan uang per bulannya, beasiswa ini juga memiliki kurun waktu selama 8 semester atau 4 tahun lamanya. Artinya, pemberian beasiswa tersebut memiliki kurun waktu yang sangat lama.

Dalam menjalankan seleksi beasiswa dalam negeri ini (beasiswa BidikMisi). Maka penulis akan paparkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelamar beasiswa ini, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Seorang SMA/SMK/MA/atau sederajat.
  2. Dinyatakan lulus oleh sekolahan.
  3. Dari kalangan keluarga kurang mampu atau pada taraf masyarakat ekomoni menengah kebawah.
  4. Maksimal pendidikan orang tua adalah S1/D4.
  5. Memiliki nilai raport yang cukup bagus.
  6. Melampirkan prestasi akademik maupun non-akademik.
  7. Melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kepala desa setempat.
  8. Melampirkan bukti pembayaran pajak bangunan.
  9. Melampirkan struk pembayaran listrik.
  10. Melampirkan sertifikat prestasi (jika ada).
  11. dan lain sebagainya.

(4) Beasiswa Astra.

Astra adalah salah satu beasiswa dalam negeri yang diberikan oleh Yayasan Toyota Astra. Beasiswa ini memberikan bantuan biaya pendidikan selama Rp. 250.000,- kepada para penerimanya. Dalam menjalankan programnya, Yayasan Toyota Astra bekerjasama dengan 34 perguruan tinggi yang ada didalam negeri (Indonesia).

Dalam menjalankan seleksi beasiswa dalam negeri ini (beasiswa Astra). Maka penulis akan paparkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelamar beasiswa ini, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sedang menempuh pendidikan diperguruan tinggi Indonesia.
  2. Warga negara Indonesia.
  3. Para pendaftar sedang menempuh salah satu dari 4 bidang yang disyaratkan. Bidang studi tersebut adalah (Studi MIPA, studi Teknik, studi kehutanan dan perikanan, dan studi pertanian).
  4. Permohonan diajukan melalui wakil rektor dalam bidang kemahasiswaan.
  5. Para pendaftar sedang menempuh pendidikan pada semester 5 atau semester 7.
  6. Para pendaftar bukanlah seorang pekerja tetap.
  7. Tidak sedang atau akan menerima beasiswa dari pihak lain.
  8. dan lain sebagainya.

Terimakasih penulis sampaikan,

Hal tersebut diatas adalah beberapa penjelasan mengenai beasiswa didalam negeri.

Semoga bermanfaat.

Komentar dengan facebook

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here