Beranda Gaya Hidup Bahaya Penggunaan Gadget yang Berlebihan Bagi Kehidupan Sehari-hari

Bahaya Penggunaan Gadget yang Berlebihan Bagi Kehidupan Sehari-hari

321
1
BERBAGI

Bahaya Gadget – Selamat datang di artikel Kinay semuanya dan selamat datang juga buat kalian yang masih berdiri tegak dalam menanti keputusannya. Di artikel kali ini, Kinay akan membahas sesuatu yang berbau teknologi. Sesuatu yang pastinya menjadi barang yang harus dimiliki oleh semua orang. Barang wajib yang membuat kita betah untuk berlama-lama saat menggunakannya. Mungkin untuk sebagian orang, barang ini adalah barang pertama yang mereka cari saat membuka mata dari lelapnya tidur. Yaps, barang ini adalah Gadget.

Di era modern ini, siapa yang tidak kenal Gadget? siapa yang tidak memiliki Gadget? sebagian besar semuanya pasti kenal dan memilikinya. Gadget ini sering kali kita gunakan dan merupakan barang wajib yang harus kita bawa kemana pun kita pergi.

Pengertian Gadget dan Manfaatnya

Gadget merupakan sebuah perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus dan memiliki sifat praktis, sehingga memudahkan para penggunanya. Contoh gadget yang sering kita jumpai adalah smartphone dan laptop. Siapa yang tidak tahu dengan 2 barang ini? pasti semuanya memilikinya. Apalagi bagi siswa dan mahasiswa, barang ini sangat berguna untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah atau kuliah. 

Banyak manfaat yang kita peroleh dari gadget ini, seperti halnya kemudahan dalam memperoleh informasi dan melakukan komunikasi. Namun, dibalik banyaknya manfaat yang diperoleh, gadget tersimpan banyak bahaya atau dampak negatif bagi para penggunanya. Dampak negatif atau bahaya akan terjadi ketika pengguna tersebut menggunakan gadget dengan waktu yang lama dan berlebihan. Nah, bahaya apa saja yang akan kita peroleh? Yuk langsung baca di bawah ini!!!.

Jenis-Jenis Bahaya dari Penggunaan Gagdet yang Berlebihan
Dok. Pribadi

Jenis Bahaya – Bikin Malas

Di era modern seperti saat ini semua hal yang ingin kita miliki atau kita ketahui bisa dengan mudah di dapatkan melalui gadget. Hal ini dapat menyebabkan seseorang menjadi malas karena semua sudah tersedia secara instan melalui bantuan Gadget. Sifat malas ini muncul ketika seorang pengguna gadget sering berlama-lama atau asyik menggunakannya dalam waktu berjam-jam. Lamanya durasi penggunaaan ini membuat seseorang jadi malas untuk melakukan sesuatu lainnya.

Ketika seseorang sudah asyik dan nyaman dalam bermain gadget akan membuat gadget itu menjadi sesuatu yang lebih penting dibandingkan kegiatan lainnya. Alhasil, menumbuhkan sifat malas dalam diri mereka. Sangat berbahaya jika dibiarkan terus menerus karena sifat malas akan dapat merugikan bagi seseorang.

Jenis Bahaya – Lupa/Telat Makan dan Mandi

Keasyikan memainkan gadget dapat membuat seseorang lupa untuk melakukan hal penting bagi dirinya sendiri, seperti halnya mandi dan makan. Bagaimana tidak mau lupa, setiap detik, setiap menit, dan setiap jam mata selalu memandangi handphone yang ada di genggamannya atau menatap layar lcd laptopnya. Saking asyiknya mereka lupa kalau dirinya belum mandi ataupun makan seharian.

Bahaya Penggunaan Gadget – Tubuh membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas. Oleh karena itu semua orang harus makan dan minum yang cukup untuk menghasilkan energi bagi tubuh. Namun, ketika seseorang sudah sibuk memainkan gadget-nya akan membuat dirinya telat makan atau bahkan lupa untuk makan. Begitupun dengan mandi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Mandi dapat menghilangkan kotoran, kuman atau bakteri yang menempel pada tubuh kita. Jadi, sayangi tubuh kalian ya gaes, jangan sampai gadget mengalahkan kalian dalam hal merawat diri kalian sendiri.

Jenis Bahaya – Membuang-buang waktu

Memainkan gadget selama berjam-jam akan membuat waktu pengguna tersebut menjadi terbuang sia-sia. Beda cerita jika dia owner dari olshop yang memang harus stay setiap waktu. Dampak ini muncul kepada pengguna yang menggunakan gadget untuk hal yang tidak berguna, misalnya main game dengan waktu yang lama, bermain instagram, atau kegiatan lainnya yang membuat waktu kita terbuang sia-sia. Waktu yang biasanya kita gunakan untuk kegiatan yang lebih produktif malah terbuang tanpa melakukan hal apapun.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “Time Is Money”, yang artinya waktu adalah uang. Setiap detik waktu yang dimiliki akan sangat berharga jika diisi dengan hal yang bermanfaat. Jadi, jangan buang waktumu untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna gaes.

Jenis Bahaya – Merusak Mata

Memandangi layar hp atau laptop berjam-jam akan merusak kesehatan mata kita. Radiasi yang dipancarkan oleh layar gadget kalian sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Oleh karena itu jangan menggunakan gadget dalam waktu yang lama.

Biasakan memandangi layar gadget kalian dengan jarak yang agak jauh, minimal jaraknya kurang lebih 30 cm. Jika terlalu dekat tentunya akan merusak kesehatan mata kalian. Jadi, jaga kesehatan mata kalian gaes. Karena mata merupakan salah satu anugerah dari tuhan untuk kita agar dapat melihat segala keindahan yang ada.

Jenis Bahaya – Tidak produktif dan Bertindak Konsumtif

Tidak produktif berarti seseorang dalam waktu tertentu tidak menghasilkan karya apapun atau tidak mengerjakan apapun. Tidak produktif dipicu akibat munculnya sifat malas dan sikap konsumtif. Tidak produktif dikarenakan penggunaan gadget yang berlebihan. Artinya ketika seseorang sudah asyik memainkannya dan lupa waktu akan membuat seseorang tersebut menghilangkan waktu produktifnya.

Penggunaan gadget yang terlalu berlebihan membuat seseorang menjadi lebih konsumtif. Sifat konsumtif tersebut ada karena banyak orang tergiur menggunakan barang / jasa orang lain yang di jual online di internet, daripada memproduksi sendiri sesuatu yang dapat mendatangkan uang bagi diri sendiri. Sehingga seseorang tersebut juga tidak melakukan kegiatan yang produktif. Jadi, waktu dalam sehari yang dia gunakan untuk bermain gadget terbuang sia-sia.

Jenis Bahaya – Mengurangi Waktu Bersama Keluarga/Pasangan/Teman-teman

Meluangkan waktu bersama orang terdekat merupakan hal yang wajib dilakukan. Berdiskusi, membahas hal penting, bersanda gurau, bernyanyi bersama adalah contoh cara untuk meluangkan waktu bersama. Namun, waktu bersama sedikit demi sedikit mulai pudar, akibat munculnya gadget.

Padahal kegunaan gadget sendiri dalam bidang komunikasi yaitu membuat yang jauh menjadi dekat. Namun, kenyataan yang terjadi saat ini adalah Gadget membuat yang dekat terasa jauh. Bayangkan saja, waktu ngumpul keluarga di ruang tamu, biasanya saling berbincang, tapi sekarang semuanya sibuk dengan gadget-nya masing-masing, Tak hanya itu, berkumpul bersama teman di café atau warkop sekarang menjadi tidak asyik lagi. Semuanya pasti menunduk layar gadget-nya, seakan-akan berkumpul disini hanya formalitas saja.

Bahkan, waktu bersama dengan pasangan kita pun akan berkurang, akibat adanya gadget ini. Setiap jalan atau makan, pasti gadget tidak pernah lepas dari genggammannya. Jadi, berhentilah dan taruh lah gadget mu ketika sedang berkumpul dengan siapapun, karena waktu itu mahal harganya gaes.

Jenis Bahaya – Menguras Dompet

Bahaya Penggunaan Gadget – Penggunaan internet yang berlebihan akan membuat paket internet yang mereka beli menjadi habis sebelum waktunya. Alhasil, mau tidak mau mereka harus membeli paket internet yang baru untuk bisa mengakses internet lagi, ini lah yang membuat dompet menjadi terkuras.

Gadget dan internet merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sekarang Kedua barang tersebut merupakan barang primer bagi kehidupan. Jadi, gunakan gadget seperlunya saja dan hemat-hematlah kuota gaes.

Jenis Bahaya – Ketergantungan

Ketergantungan seperti belenggu yang membuat kita tidak bisa lepas darinya. Bila jauh darinya serasa diri ini tidak nyaman dan juga bila lama tidak menggunakannya akan membuat diri kita menjadi aneh dan ingin cepat-cepat menggunakannya lagi.

Ketergantungan akan penggunaan gadget berarti seseorang tidak bisa lepas dari segala sesuatu yang ada di gadget-nya. Tidak lepas karena dia sudah terbiasa menggunakan dalam waktu yang lama.

Jadi segala sesuatu harus menggunakan gadget, jadi pikiran kita terkunci dan terbatas dengan apa yang ada di gadget tersebut. Hal ini sangat berbahaya bagi semua orang. Jadi, gunakan gadget kalian sewajarnya, jangan sampai kalian bergantung terhadapnya.

Jadi…

Gadget hadir untuk memudahkan segala aktivitas manusia. Semua kegiatan manusia menjadi lebih praktis berkatnya. Gadget memiliki banyak manfaat dalam bidang komunikasi dan informasi. Namun, gadget memiliki dampak negatif bagi para penggunanya, JIKA digunakan secara berlebihan.

Waktu Ideal Penggunaan Gadget agar terhindar dari bahaya
Dok. Pribadi

Oke, mungkin itu saja penjelasan mengenai bahaya dari penggunaan gadget yang berlebihan dari Kinay. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Dan baca juga artikel mengenai gadget lainnya disini. Sedikit kata-kata mutiara dari saya.

“Jangan biarkan kamu dikendalikan oleh waktu, kamu lah yang harus mengendalikan waktu – Kinay, 2018”

Komentar dengan facebook

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here