Beranda Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Masa Depan

Bahasa Inggris Untuk Masa Depan

154
0
BERBAGI

“Bahasa Inggris”.

Hallo, masih bersama Mr. Hart.

Kali ini kita akan membahas mengenai Bahasa Inggris untuk menyongsong kehidupan masa depan yang cerah.


BAHASA INGGRIS


Bahasa Inggris A-B
Bahasa Inggris adalah sebuah bahasa perstuan yang bersifat global.

Pengertian Umum

Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. Alasan menggunakan atau menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa internasional adalah karena kompleksitas yang ada didalamnya. Selain itu banyak masyarakat luar negeri yang menggunakan bahasa ini, sehingga bahasa ini dijadikan sebagai bahasa internasional.

Bahasa inggris adalah bahasa persatuan pada masyarakat internasional. Artinya, ketika kita berpergian keluar negeri maka kita wajib menggunakan bahasa tersebut dalam berkomunikasi. Tanpa menggunkannya kita tidak dapat melakukan apa-apa pada saat berpergian keluar negeri. Tujuan untuk keluar negeri dapat berupa traveling, melanjutkan studi, pekerjaan, kerjasama, konferensi, mengikuti acara, dan lain sebagainya.

Dalam dunia internasional, terdapat berbagai macam bahasa inggris yang dapat digunakan. Hal tersebut dikarenakan adanya wilayah-wilayah yang menggunakan bahasa inggris dan mengkodifikasi bahasa tersebut. Terdapat keanekaragaman bahasa inggris adalah sebagai identitas dari wilayah tersebut. Berikut adalah berbagai macam bahasa inggris yang dapat ditemui di dunia internasional antara lain :

  1. British/United Kingdom,
  2. Amerika,
  3. Aussie,
  4. Singapura,
  5. Canada,
  6. Irlandia,
  7. New Zaeland,
  8. Hongkong.

Bahasa inggris menurut negara tersebut diatas memiliki ciri khas yang berbeda. Criri kahas tersebut dapat berupa aksen/logat bicara, kosa kata, grammar, dan lain sebagainya. Karena beragamnya yang ada di dunia internasional, sehingga menjadikan sebagai identitas dari masing-masing negara yang bersangkutan. Akan tetapi didalam dunia Internasional, bahasa yang sering dipakai pada umumnya adalah bahasa inggris British dan bahasa inggris Amerika.

Baca Juga : Minutasi Didalam Pengadilan.

Minutasi Didalam Pengadilan

 

Materi Bahasa Inggris

Bahasa inggris adalah salah satu bahasa yang dianggap paling kompleks yang ada di dunia internasional. Kompleksitas tersebut terdapat didalam materi atau kandungan yang ada didalam bahasa tersebut. Berikut ini penulis akan menyampaikan beberapa kandungan yang ada didalam bahasa inggris.

(1) Mendengarkan (Listening).

listen
Mendengarkan adalah cara untuk memahami sebuah suara.

Mendengarkan adalah salah satu hal  untuk memahami sesuatu melalui suara yang didapatkannya. Dalam bahasa inggris, peran mendengarkan adalah salahsatu faktor terpenting. Hal ini dikarenakan ketika kita dapat mendengar sesuatu dengan baik, maka kita akan dapat berinteraksi dengan mudah.

Sering kali listening atau mendengarkan dijadikan sebagai hal yang laing sulit didalam mempelajari bahasa inggris. Hal tersebut dikarenakan karena seorang yang belajar bahas inggris belum fasih dan juga belum terbiasa mengan hal-hal cepat. Sehingga mengangap bahasa inggris letak kesulitannya salah satunya pada mendengarkan/listening.

Padahan listening adalah salah satu hal yang paling mudah dalam bahasa inggris. Anggapan tersebut dikarenakan bahwa kita tidak perlu berfikir mengenai bahasa inggris. Disamping itu kita hanya menerima sebuah transferan oleh suatu sumber suara.

Tips dan trik dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris adalah dengan membiasakannya. Kebiasaan tersebut dapat berupa mendengarkan lagu, menonton film inggris tanpa sub-tittle, bercakap-cakap dengan orang lain, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut harus dilakukan dengan cara bertahap dan rutin. Sehingga nantinya dapat menembangkan kemampuan mendengar bahasa inggris dengan baik.

(2) Membaca (Reading).

membaca
Membaca adalah salah satu hal paling mudah didalam memahami sesuatu.

Membaca atau Reading adalah salah satu hal yang banyak digemari oleh para pembelajar bahasa inggris. Hal ini dikarenakan terdapat banyaknya kosa kata baru yang dapat ditemui. Sehingga membaca adalah langkah tepat untuk menambah perbendaharaan kata bahasa tersebut. Selain itu, membaca juga sangat mudah dilakukan. Hal ini dikatrenakan para pembaca khususnya pembelajar akan lebih cepat dalam memahami sesuatu.

Untuk mengembangkan kemampuan mebaca cepat dalam bahasa inggris maka dibutuhkan ketekunan. Karena dalam bahasa tersebut kita dituntut dapat membaca supaya dapat memahami apa yang dimaksud. Cara meningkatkan kemampuan membaca dapat dilakukan dengan membiasakan diri membaca komik, majalah dan lainnya. Hal ini kita dituntut untuk dapat mengerti apa isi yang terdapat didalamnya.

Para pembaca dapat membaca minimal 1 artikel yang berbahasa inggeis disetiap harinya. Hal tersebut dapat dilakukan ketika kita sedang santai atau kita mempunyai jadwal tersendiri. Perlunya mengatur jadwal nantinya akan memudahkan para pembaca untuk meningkatkan kemampuan membaca secara baik dan cepat.

(3) Berbicara (Speaking).

a) Pengertian Umum.

Berbicara atau Speaking adalah salah satu hal yang paling utama dalam berinteraksi. Hal ini akan dapat membangun dan memulai sesuatu. Disamping itu fungsi dari berbicara adalah dapat untuk mengerakan suatu program yang dilakukan untuk kebutuhan bersama.

Kita tahu bahwasanya bahasa tanpa speaking adalah suatu keniscayaan. Hal ini dikarenakan karena speaking mempunyai peran yang sangat urgent dalam mentransfer sebuah pengertian melalui komunikasi. Dan dapat diketahui juga, speaking adalah akar mula terciptanya sebuah bahasa.

Dalam belajar bahasa, berbicara atau speaking adalah salah satu yang paling ditakuti. Hal tersebut dikarenakan bahwa dalam berbicara kita diharuskan berfikir keras. Selain itu didalam berbicara kita diharuskan untuk dapat mentrasfer pengertian terhadap objek atau lawan yang berinteraksi.

b) Logat (Aksen).

Logat atau aksen adalah salah gaya bahasa yang digunakan oleh masyarakat yang sedang berkomunikasi. Didalam dunia internasional, terdapat banyaknya logat bahasa yang digubakan untuk berkominikasi. Hal tersebut dikarenakan terdapat banyak masyarakat dari latar belakang dan negara yang berbeda. Sehingga terdapatnya beranekaragam gaya bahasa ini adalah suatu hal yang wajar. Disamping itu, Logat bahasa dapat digunakan sebagai identitas pemakainya dan untuk membendaharakan darimana mereka berasal. Selain hal tersebut, kita diharuskan menguasai Pronounciation  atau pengucapannya secara umum.

c) Penghubung (Connetcor).

Connector dalam hal ini adalah sebagai penghubung antara kata 1 dengan kata yang lainnya. Hal ini dijadikan masyarakat internasional sebagai kebiasaan mereka dalam berkomuniasi. Disamping itu, pemakaian Connector juga dikarenakan supaya tatanan dalam pengucapan bahasa tidak terlihat kaku. berikut penulis membahas contoh Conector dalam bahasa inggris :

  1. You Can Do It : yang digabung (You Can Do It) = dibaca (You Can DoIt // yu ken doit)..
  2. Can I Come In : yang digabung (Can I Come In) = dibaca (Ca nI Co mIn // ke nai ka min).
  3. Female Ravens Could Lay : dibaca tetap.
  4. Young Ravens Can Feed Themselves : dibaca tetap.

Catatan : Yang dapat menggunakan Connector adalah dua kata yang bertemu tapi ditengahnya atau pada kata terakhir berawalan huruf Vovels (suara vokal).

(4) Menulis (Writing).

a) Pengertian Umum.

Menulis adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan melalui media. Menulis adalah salah satu hal yang paling sulit menurut penulis. Hal ini dikarenakan bahwa dalam melakukan menulis kita dituntut untuk mempunyai banyak kosa kata dan juga harus sesuai aturan. Menulis juga diharuskan untuk dapat merealisasikan apa yang akan kita maksud supaya orang lain tahu mengenai hal itu.

b) Grammar.

Grammar adalah sebuah aturan dalam menulis ataupun berbicara. Aturan ini sangat dibutuhkan dikarenakan untuk dapat memberikan pemahaman yang baik kepada lawan komunikasi kita. Disamping itu grammar juga dapat sebagai pemisah kondisi dan situasi didalam melakukan komunikasi.

Aturan yang terdapat didalam grammar sangat banyak. Hal ini dikarenakan terdapatnya kebutuhan manusia dalam melakukan pemahaman terhadap suatu hal. Grammar sendiri dapat seperti :

  1. Part of Speech,
  2. Tenses,
  3. Modal,
  4. Adjective,
  5. Noun,
  6. Adverb,
  7. Gerung,
  8. Linking Verb,
  9. Preposition,
  10. Pronoun,
  11. Question Sentence,
  12. Tag Question,
  13. Verb,
  14. Interjection,
  15. dan lain sebagainya.

Mafaat Bahasa Inggris dalam Masa Depan.

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya bahasa inggris sebagai alat komunikasi internasional adalah suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Oleh karenanya bahasa ini harus dikuasai oleh masyarakat internasional khususnya para pemuda. Berikut ini adalah beberapa manfaat dalam penggunaannya :

  1. Dapat berinteraksi dengan masyarakat internasional,
  2. Dapat melakukan kerjasama internasional,
  3. Sebagai pemersatu,
  4. Sebagai kepentingan pekerjaan,
  5. Sebagai peningkat SDM,
  6. Daya pikir semakin kuat dan tajam,
  7. Dapat mengikuti acara diluar negeri,
  8. Menciptakan kemajuan dalam hal modernisasi terhadap teknologi dan cara pandang,
  9. Meningkatkan taraf hidup manusia,
  10. dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut diatas adalah pengertian dan peran bahasa inggris dalam kehidupan manusia. Penulis berharap tulisan ini nantinya akan memberikan pemahaman dan pembelajaran mengenai bahasa internasional.

Terimakasih,

Best Regards.


Mr. Hart


 

Komentar dengan facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here