Beranda Gaya Hidup Awet Muda Murah dan Mudah dengan Buah Delima

Awet Muda Murah dan Mudah dengan Buah Delima

123
0
BERBAGI

Semua orang di dunia pasti selalu ingin terlihat awet muda bukan? Bukan hanya wanita, laki-laki juga tidak ingin terlihat cepat tua. Karena dengan semakin tua, performa juga akan semakin menurun, kulit  menjadi keriput, rambut beruban, cepat lelah, kulit kendur, mata rabun, dan lain-lain. Selain itu, penuaan dini juga bisa menyebabkan kepercayaan diri menjadi berkurang, dan juga menjadi lebih rentan terkena penyakit berbahaya, seperti Diabetes Mellitus, stroke, dan lain-lain. Hmmm… serem kan.

Oleh karena itu, banyak orang yang melakukan terapi di klinik-klinik kecantikan supaya bisa terhindar dari penuaan dini, dan tentu saja hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan yang pasti, tidak semua orang sanggup melakukannya hehe..

Walau begitu, sebenarnya penuaan dini bisa dicegah hanya dengan mengatur pola hidup dan pola makan. Tapi sebelum itu, kita harus tau terlebih dahulu apa penyebab terjadinya penuaan dini dan bagaimana cara mencegah atau menghindarinya supaya bisa tetap awet muda. Yuk simak penjelasannya!

Penyebab Penuaan Dini

Ilustrasi Penuaan Dini

Ternyata banyak penelitian yang mengatakan kalau radikal bebas adalah penyebab utama terjadinya penuaan dini. Semakin sering kita terpapar radikal bebas, maka semakin besar kemungkinan kita untuk cepat tua. Hal ini karena radikal bebas yang masuk kedalam tubuh akan menyebabkan terjadinya stress oksidatif, yang memicu perubahan struktur dan fisiologis sel. Kalau sudah begini, elastisitas kolagen akan merosot,  dan terjadilah penuaan dini.

Sayangnya, sumber radikal bebas ada banyak sekali dan sangat dekat dengan kita semua. Sumbernya bisa dari polusi udara seperti asap rokok, asap pabrik, asap kendaraan, dan lain-lain. Atau bahkan bisa dari makanan yang kita makan, seperti jajanan pinggir jalan yang terpapar asap kendaraan dan polusi udara. Kalau udah tau gini, buat kalian yang sering berada di lapangan, jalanan atau bahkan kalian yang perokok, hati-hati deh. Bisa mempercepat penuaan loh!

Terus gimana dong solusinya? Harus banget ya pergi ke klinik untuk perawatan? Mahal dong…

Eitss.. Jangan khawatir. Asal kamu tau kuncinya, kamu akan bisa mencegah radikal bebas merusak sel-sel tubuh kamu. Yaitu dengan cara mengkonsumsi antioksidan. Karena antioksidan bisa menetralkan radikal bebas sehingga tubuh kamu akan terlindungi dari efek radikal bebas.

Sumber antioksidan bisa kamu dapatkan dari buah-buahan atau sayuran, dan yang paling utama kamu harus mengkonsumsi antioksidan yang berperan sebagai anti penuaan atau anti aging.

Dan ternyata, Buah delima merah (Punica granatum) adalah salah satu sumber antioksidan kuat yang bisa menangkal radikal bebas loh. Kandungan polifenol, khususnya punicalagin (elagitanin) pada buah delima yang telah dibuktikan memiliki aktivitas antioksidan yang kuat, anti-inflamasi, dan anti-karsinogenik. Elagitannin pada delima ini akan terhidrolisis menjadi asam elagik (ellagic acid) yang mampu meningkatkan kolagen dan menghambat pembentukan enzim MMP-1 yang merusak kolagen. Sehingga kolagen yang berperan untuk elastisitas kulit kamu tetap terjaga deh.

 

Buah Delima

Selain itu jenis polifenol lain dalam buah delima adalah antosianin. Antosianin yang terkandung dalam buah delima terdiri atas jenis delfinidin3-glukosida, sianidin-3-glukosida, delfinidin 3,5-diglukosida, sianidin-3,5-diglukosida, dan pelargonidin . Antosianin ini mampu memproteksi kolagen.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sambal Versi Abisnis.com Ini Patut Dicob

Terlebih lagi, kandungan vitamin C pada buah delima juga termasuk antioksidan yang berfungsi untuk menjaga jaringan sel, termasuk sel-sel kulit. Selain melindungi kesehatan sel kulit, vitamin C juga berperan aktif dalam produksi kolagen.

Wow, ternyata banyak banget kan kandungan antioksidan pada buah delima yang bisa menjaga kulit kamu tetap awet muda. Jadi yuk, perbanyak makan buah delima. Kamu juga bisa loh pakai krim yang berbahan dasar buah delima. dan jangan lupa, imbangi dengan air putih yang banyak, dan olahraga teratur ya!

Semoga membantu! Selamat mencoba.

 

 

 

Komentar dengan facebook

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here