Beranda Bisnis Pengertian Manajemen Dalam Sebuah Perusahaan

Pengertian Manajemen Dalam Sebuah Perusahaan

287
2
BERBAGI

Apa Pengertian Dari Manajemen?

Manajemen – Setiap hari para manajer memecahkan berbagai masalah sulit, mengubah organisasi, dan mencapai prestasi yang mengagumkan. Agar berhasil, setiap organisasi memerlukan manajer yang andal. Apa ciri yang di miliki oleh semua manajer andal? Mereka menyelesaikan pekerjaan melalui organisasi mereka. Manajer merupakan fungsi eksekutif dari organisasi yang bertanggung jawab untuk membangun dan mengoordinasikan seluruh sistem dan bukan mengerjakan tugas-tugas tertentu.

Artinya daripada mengerjakan sendiri semua pekerjaan, manajer yang andal menciptakan sistem dan kondisi yang memungkinkan orang lain mengerjakan pekerjaan tersebut. Saat masih remaja, pendiri Wal-Mart Sam Walton memperoleh $4000 per tahun lewar jalur persuratannya. Bagaimana bisa? Sam walton memiliki bakat alamiah di bidang manajemen, dan dia menciptakan sistem yang memungkinkannya memperkerjakan dan mengoordinasikan orang lain untuk mengirim surat-surat sehingga dia tidak perlu mengirimkannya sendiri.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Dengan menciptakan sistem dan lingkungan yang tepat, para manajer memastikan bahwa departemen atau organisasi mereka dapat bertahan dan berjaya meskipun masa jabatan supervisor atau manajernya telah habis. Ketahuilah bahwa Jack Welch adalah CEO General Electric selama 20 tahun yang gemilang, tapi transisi kepemimpinan kepada Jeff Immelt pada tahun 2001 dapat berjalan mulus, dan GE tetap berada di puncak berbagai daftar, termasuk daftar “Perusahaan paling dikagumi” di majalah fortune, survei “Paling dihormati” di majalah Finansial Times dan daftar perusahaan paling di kagumi di majalah Barron.

Mereka yang telah mempelajari GE tidak perlu terkejut. Perusahaan tersebut berjaya selama kurang lebih 1 abad karena para manajernya telah menciptakan lingkungan dan sistem yang tepat. Di akhir 1800-an, CEO Charles Coffin menekankan bahwa produk terpenting GE bukan lampu bohlam atau transformator, melainkan bakat Manajerial. Para manajer di GE menghabiskan banyak waktu untuk isu-isu sumber daya manusia, seperti merekrut, melatih, menilai, memonitor, dan mengembangkan bakat kepemimpinan untuk masa depan.

Mengenali peran dan pentingnya orang lain merupakan aspek utama dari manajemen yang baik. Ahli manajemen awal abad ke-20 Mary Parker Follet mendefinisikan manajemen sebagai Seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.  Pada akhir-akhir ini, ahli manajemen terkemuka Peter Drucker menyatakan bahwa tugas para manajer adalah memberi arahan bagi organisasi mereka, memberi kepemimpinan, dan menentukan penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis-jenis Sistem Ekonomi Campuran

Menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain dan sumber daya lain serta memberi kepemimpinan dan arahan merupakan kegiatan para manajer. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan oleh eksekutif tingkat atas seperti Eric Schmidt dari Google atau Indra Nooryi dari PepsiCo dan sebagainya. Oleh karena itu definisi manajemen yang kita tetapkan adalah sebagai berikut:

Manajemen (Management) adalah pencapaian tujuan-tujuan organisasional secara efektif dan efisien melalui perencanaan, pengelolaan, kepemimpinan dan oengendalian sumber daya organisasi.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here