Beranda Bisnis 6 Usaha yang Bisa Menambah Isi Kantongmu

6 Usaha yang Bisa Menambah Isi Kantongmu

136
0
BERBAGI
Usaha Fotografer
Fotografer yang sedang difoto

Usaha adalah kegiatan setiap manusia yang sejatinya harus dilakukan. Apabila mereka gagal, akan berusaha belajar dan menghindari kegagalan tersebut. Sejak kecil juga kita sering diajari dan dibimbing orang tua belajar membaca alphabet. Dari yang paling dasar sampai sekarang kita mampu merangkai kata-kata yang terstruktur dan mampu memiliki makna. Saat kita belajar berjalan, ada beberapa waktu kita selalu tersungkur, sampai menunggu suatu waktu kita mampu berjalan dengan seimbang dan bahkan berlari. Seperti pula konsep kehidupan, setiap insan yang berusaha pasti akan menuai hasil akan usahanya tersebut.

Semakin canggih teknologi dan peradaban, kemungkinan kebutuhan segala kebutuhan hidup baik primer dan sekunder pun juga akan semakin dimoderasi dan bahkan mengalami kenaikan harga. Karena sejatinya kehidupan manusia penuh dengan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Maka benar bila kita tidok boleh membeli sesuatu yang kita ingini dengan hasrat saja, tetapi sesuaikan dengan kebutuhan. Apabila tidak butuh-butuh sekali ya jangan dibeli atau dipesan. Dengan tren yang mewajibkan kita paling tidak memenuhi kebutuhan primer yang kian melonjak naik baik itu karena inflasi, internal negara maupun isu keamanan. Maka kita harus selektif melakukan pengeluaran.Selain itu, kita harus cermat menemukan beberapa solusi agar bagaimana pendapatan kita bertambah, bukan malah sebaliknya.

Berikut jenis usaha atau pekerjaan yang bisa jadi solusi buat sobat Abisnis untuk menambah isi di dalam kantong yang makin lama makin menipis.

Menjadi Penulis Freelance

Kecintaan Sobat Abisnis dengan dunia penulisan akan membawa manfaat kita banyak peluang usaha untuk meraih keuntungan. Apalagi jika Anda memang mencintai dunia penulisan yang didukung dengan kemampuan dan latar belakang pendidikan yang sesuai. Maka, akan banyak tawaran yang menghampiri kalian. Penulis freelance bisa dikatakn sebagai pekerjaan tambahan yang fleksibel. Sebab hanya dengan laptop dan internet Anda bisa langusng mengerjakan berbagai tulisan untuk dimuat di media. Bahkan banyak Anak Muda Indonesia menjadikan pekerjaan tetap dan bukan sebagai pekerjaan sampingan lagi. Mereka menganggap bahwa pekerjaan penulis ini begitu menjanjikan. Mereka juga tidak perlu repot-repot ke kantor. Hanya dengan remote-working (interaksi jarak jauh) mampu menghasilkan uang yang tidak sedikit. Apalagi bila sudah menjadi penulis berpengalaman, pasti gaji yang diberikan sangat tinggi melebihi pekerjaan kantoran. Bagaiman sobat Abisnis? Anda tertarik mencobanya?

Bisnis Reseller atau Dropshipper

Agak berbeda ranah dengan penulis freelance. Menjadi Reseller atau dropshipper memang juga bisa jadi pekerjaan menjanjikan bagi sebagian orang. Barang-barang yang dijual secara online tanpa toko fisik masih menjadi favorit masyarakat modern saat ini. Menurut banyak pelanggan, selama kualitas baik, mereka tidak perlu tahu dimana letak toko fisik dari barang yang mereka beli. Pasar produk utama dari usaha ini adalah fashion seperti tas atau aksesoris bahkan yang sedang tren adalah hijab. Dimana pengguna hijab di Indonesia terlong besar dibandingkan negara lain di dunia. Maka bagi kamu yang menjadi Reseller atau dropshipper akan begitu menggiurkan. Selain itu, pasar anak dan wanita lainnya juga selalu menjadi favorit.

Nah, dengan melihat peluang yang lumayan besar dan jangkauan yang begitu luas dari berbagai usia, kamu bisa menjajal peruntungan bisnis sampingan sebagai seorang reselleratau dropshipper untuk produk-produk ini. Menjadi reseller memang membutuhkan modal yang lebih besar dibanding dropshipper. Tapi tak perlu khawatir jika Anda yakin dan mampu meyakinkan investor. Namun, apabila Anda masih belum berani menjadi reseller, mulai dengan menjadi dropshipper terlebih dahulu. Dengan menjadi Dropshipper, Anda hanya cukup membantu pemasaran produk dengan modal ponsel saja dan memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran. Tidak terlalu sulit bukan?

Usaha Jasa titip beli atau personal shopper

Apabila dilihat tren pertengahan tahun 2017, usaha atau bisnis yang mulai naik daun adalah bisnis jasa titip beli.  Anda bisa melakukan bisnis tersebut di sela-sela pekerjaan utama Anda yang padat. Saat jam istirahat kantor atau saat pulang dari kantor. Bisnis ini juga bisa dijalankan saat musiman, misalnya saat ada obral barang bagus dengan harga miring, seperti pameran buku murah, dan lain sebagainya. Ataupun berbagai aneka macam lainnya. Jasa titip beli ini bahkan bisa kamu lakukan sembari berjalan-jalan dan melakukan kegiatan lainnya di area pusat perbelanjaan.

Bisnis tersebut bahkan mengubah mainset orang bahwa berbelanja itu merugikan atau hanya buang-buang uang, karena faktanya bisa jadi kesukaan Anda berbelanja menjadi ruang bisnis pula di masa depan. Apalagi dengan kemajuan IPTEK seperti sekarang. Dengan modal yang minim bahkan nyaris tanpa modal Anda bisa memulai bisnis tersebut. Yang paling penting Anda memiliki smartphone, akun media sosial seperti instagram dan menawarkan produk-produk menarik sesuai dengan target pasar yang ingin dituju.

Hobi Fotografi Jadilah Fotografer Freelance

Fotografer Freelance tidak terpatok pada Anda yang berasal dari jurusan fotografi. Akhir-akhir ini banyak lomba dan event-event yang menawarkan Anda untuk mengirimkan foto hanya dengan smartphone. Pekerjaan sampingan seperti ini bisa berangkat dari hobi bukan hanya passion. Selain itu, saat ini juga sangat banyak menjamur event organizer atau wedding organizer yang dijalankan dan digawangi oleh insan-insan muda tanah air yang mana membutuhkan jasa Fotografer Freelance. Kalau kalian memang hobi dan suka melakukan berbagai kegiatan fotografi. Alangkah baiknya mencoba.

Mulailah Menjual Foto ke Internet

Setali tiga uang seperti seorang fotografer freelance yang berangkat dari hobi, Anda yang gemar memotret dan menghasilkan foto dengan kualitas bagus dan unik dapat menjual berbagai fotonya ke beberapa situs penjualan foto seperti istockphoto.com dan shutterstock.com. Website tersebut mampu memberikan komisi untuk foto yang dijual mulai 15% sampai 30% per fotonya. Sobat Abisnis pun tidak butuh modal besar, Anda hanya perlu memiliki kamera atau smartphone yang mumpuni dan memenuhi persyaratan dari penyedia layanan disana. Apabila Anda sudah membuat akun di website tersebut,  yang perlu Anda ingat adalah siapkan akun payment gateway internasional seperti Paypal untuk bisa melakukan transaksi jual beli foto ini tersebut. Selamat mencoba dan selamat sukses di dunia fotografi!

Jasa Desain Grafis

Terakhir, ada juga bisnis yang bisa dilakukan oleh seorang desainer grafis yang memiliki pekerjaan utama di sebuah kantor. Anda bisa mendaftar di suatu Agensi Pemasaran atau perusahaan digital yang bisanyan membutuhkan banya designer dan ilustrator. Apabila Anda memang memiliki hobi mendesain suatu gambar atau animasi cobalah untuk mendaftar freelance di perusahan tersebut. Pekerjaan mendesain grafis tentu tidak hanya dilakukan dalam sebuah kantor jasa, namun juga bisa dilakukan secara digital. Anda yang memiliki portofolio desain yang baik akan dengan mudah menghasilkan uang lebih banyak dibanding biasanya. Apalagi di era digital yang mana kebutuhan desain selalu jadi prioritas. Apakah Anda tertarik?

 

Bagaimanapun juga, setiap manusia di muka bumi akan selalu melakukan usaha dalam mengembangkan diri dan memperbaiki dirinya. Dengan adanya usaha, maka membuka peluang terjadinya berbagai kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarga. Rasulullah sendiri menganjurkan kita untuk bisa berdagang baik itu barang maupun jasa, yang penting semua itu dilakukan dengan halal dan sesuai syariat ajaran Islam. Jadi, jangan menahan potensi diri sobat Abisnis untuk berkembang ya mulai dari sekarang.

 

Semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar dengan facebook